Perjalanan Panjang Pembangunan Barito Timur

Secara formal Kabupaten Barito Timur terbentuk bersama-sama dengan beberapa kabupaten lainnya di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah pada tahun 2002 berdasarkan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2002 tentang Pembentukan Kabupaten Katingan, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Gunung Mas, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Timur. Sejak Undang-undang tersebut berlaku, maka secara resmi wilayah Barito Timur memisahkan diri dari Kabupaten Barito Selatan dan menjadi daerah otonom sendiri dengan nama Kabupaten Barito Timur dengan ibu kota Tamiang Layang. Adapun wilayah Kabupaten Barito Timur dibagi menjadi 10 kecamatan, yaitu: Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Karusen Janang, Paju Epat, Paku, Patangkep Tutui, Pematang Karau, dan Raren Batuah. (Wikipedia, 2013)

Semenjak tahun 2002 Bartim ( Barito Timur )  telah melaksanakan 2 kali pemilihan bupati, dan akan melaksanakan kembali pemilihan yang ketiga kalinya pada tahun ini. Dalam dua periode tersebut  Bupati Barito Timur yang memimpin adalah Drs. H. Zain Alkim.

10 tahun sudah Barito Timur Membangun menuju kearah yang lebih baik. Terus menerus melakukan yang terbaik bagi masyarakat dengan berbagai inovasi terbarukan. Berbagai program telah di rencanakan dan direalisasikan dalam jangka waktu 10 tahun tersebut. Mulai dari upaya meningkatkan ketahanan pangan, keamanan, maupun ekonomi, dan perkembangan masyarakat.

Daerah Bartim terus meroket menuju kabupaten yang harus diperhitungkan keberadaannya diwilayah Kalimantan Tengah, menyetarakan diri dengan kabupaten – kabupaten lain yang telah lama terbentuk dan berumur lebih tua dari Barito Timur. Perkembangan demi perkembangan semenjak terbentuknya kabupaten ini mulai terlihat jelas. Berbagai pembangunan dilaksanakan di berbagai wilayah Bartim mulai dari di Ibu kota Kabupatennya maupun ke desa-desa yang tergabung dalam kabupaten ini. Beberapa perkembangan yang telah terjadi seperti berikut ini :

PEMBANGUNAN BERBAGAI KANTOR PEMERINTAHAN

Pada awal masa pembangunan Bartim, hal yang paling dibutuhkan tentu saja kantor pemerintahan yang memadai. Berbagai kantor telah dibangun pada awal masa pembangunan Bartim untuk mendukung tercapainya berbagai cita-cita saat dibentuknya kabupaten ini. Berbagai kantor seperti kantor Bupati Bartim, Gedung  DPRD Barito Timur, kantor camat pada tiap-tiap kecamatan, kantor ULP, UPT, dan lain-lain. Sampai pada awal tahun 2013 sudah banyak bangunan pemerintahan yang berdiri di kabupaten Barito Timur  dan sangat memadai, hal ini diharapkan dapat semakin mendukung para instansi merencanakan dan membangun daerah Barito Timur.

kantor bupati

Kantor Bupati Bartim

Gedung_DPRD_Barito_Timur_(2)

Gedung DPRD Barito Timur

Kantor_Kecamatan_Paku,_Barito_Timur

kantor kecamatan paku

250px-Kantor_Kecamatan_Dusun_Timur,_Barito_Timur

Kantor camat Dusun Timur

Kantor_Kecamatan_Karusen_Janang,_Barito_Timur

kantor camat Dayu

Kantor_Kelurahan_Ampah_Kota,_Barito_Timur

 

kantor camat Dusun Tengah

PEMEKARAN 4 KECAMATAN BARU

Pada awal terbentuknya, Bartim terdiri dari 6 kecamatan saja, yakni Awang, Benua Lima, Dusun Tengah, Dusun Timur, Patangkep Tutui, dan Pematang Karau. Di dalam masa perkembangannya kemudian dibentuk 4 kecamatan baru yakni Karusen Janang, Paju Epat, Paku, dan Raren Batuah.

PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN BERBAGAI FASILITAS KESEHATAN

Fasilitas kesehatan adalah sarana yang cukup vital didalam kelangsungan hidup  masyarakat. Di kabupaten Barito Timur sejak masa pembangunannya 10 tahun silam sudah melakukan berbagai upaya peningkatan mutu kesehatan masyarakat, dengan membangun atau mengembangkan berbagai sarana kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, maupun pustu di desa-desa kecil. Selain itu fasilitas kesehatan ini juga mulai ditunjang dengan berbagai fasilitas kesehatan bergerak untuk memperluas dan mempermudah akses masyarakat dlam hal kesehatan. Adapun berbagai fasilitas tersebut  seperti :

img0685a

Puskesmas Ampah

cimg2411fb8

Rumah sakit umum tamiang layang

Pustu Desa Janah Mansiwui Bartim

Pustu (Puskesmas Pembantu)  di desa yang jauh dari kecamatan

FASILITAS UMUM SARANA PERKEMBANGAN EKONOMI

Fasilitas umum sarana perkembangan ekonomi seperti pembangunan pasar-pasar, menjadi tempat yang layak menjadi tempat aktivitas ekonomi paling besar di masyarakat. Semakin baik pasar yang tersedia maka semakin besar minat masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi dipasar tersebut. Dengan semakin besar jumlah transaksi maka perkembangan ekonomi masyarakat akan meningkat, maka pembangunan fasilitas aktivitas ekonomi sangatlah penting seperti pasar. Contoh nyata pembangunan fasilitas ini adalah

pasar ampah

pasar ampah

pembangunan pasar tamiang

Pembangunan yang masih berjalan seperti pada pasar modern tamiang

Selain pembangunan pasar-pasar sebagai fasilitator masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi, daerah Barito Timur juga mulai memilii berbagai fasilitas perbankan, ATM, dan lain-lain. tidak terlalu sulit untuk masyarakat menemukan ATM untuk bertransaksi. Masyarakat pun diperhadapkan pada kebebasan pilihan yang menyuguhkan tidak hanya satu jenis bank, bahkan di desa Ampah Kota saja bank-bank sudah ikut merasuki tulang-tulang pergerakan ekonomi masyarakat, seakan tidak mau kalah dari bank lain awalnya di desa ini hanaya memiliki BRI ( Bank Rakyat Indonesia) kemudian disusul oleh BNI (Bank Rakyat Indonesia), dan baru-baru ini ada Bank Mandiri yang juga telah melebarkan sayapnya, efek dari kemajuan pesat pembangunan Bartim masyarakat Bartim telah diperhadapkan pada perkembangan dalam sektor ekonomi.

PENINGKATAN ANGGARAN APBD KABUPATEN BARTIM SETIAP TAHUNNYA

Dikutip dari apa yang telah dikatakan oleh Drs. H. Zain Alkim pada acara Natal bersama pada 28 Desember 2012 di Desa Patung. Anggaran APBD Barito Timur pada tahun 2003 silam hanya berkisar Rp. 75 Milyar, dimana pada saat itu kabupaten Bartim harus berjuang untuk melaksanakan pembangunan berbagai infrastruktur perkantoran, jalan, dan jembatan. Kini APBD kabupaten Bartim mencapai RP. 500 Milyar. Dari peningkatan jumlah anggaran tersebut kita dapat mengerti bahwa usaha dan kerja keras para instansi pemerintah tidaklah sia-sia. Dengan anggaran yang terus meningkat maka kita generasi penerus dapat melihat dan menyongsong Bartim yang lebih cerah dan lebih maju dari sekarang ini. Jika peningkatan anggaran daerah ini terus mampu dipertahankan ataupun ditingkatkan pembangunan Barito Timur dapat berjalan lebih pesat lagi.

 

PEMBANGUNAN BENDUNGAN KARAU

bendungan

Bendungan karau

Bendungan ini diberi nama  bendungan Karau dan luasnya mencapai kurang lebih sekitar 2,5 – 3 Hektar, bendungan ini termasuk dalam bendungan terbesar di Kalimantan Tengah. Pembangunan bendungan ini sangat membantu para petani disepanjang saluran irigasi untuk memastikan sawah mereka mendapat pasokan air yang memadai. Namun menurut pengakuan para petani sekitar saluran, bendungan ini kurang dimaksimalkan fungsi dan tujuannya hal ini terbukti dengan banyaknya saluran bendungan yang rusak dan mengakibatkan kekeringan pada sebagian sawah-sawah masyarakat karena kurangnya pasokan air yang didapat.

PEMBANGUNAN SEJUMLAH JEMBATAN

Untuk memastikan akses masyarakat yang terbagi oleh sungai atau sejenisnya tetap lancar, maka telah dilaksanakan berbagai pembangunan-pembangunan jembatan untuk menunjang kegiatan masyarakat.

PEMBANGUNAN DAN PERBAIKAN JALAN

Sejak tahun 2002 atau awal terbentuknya kabupaten, para instansi pemerintahan berupaya agar fasilitas umum masyarakat terpenuhi. Terutama kebutuhan akan jalan yang merupakan akses vital masyarakat.

TERSEDIANYA JARINGAN INTERNET

Seakan tidak pernah puas akan perkembangan, kabupaten yang telah manginjak usianya yang kesepuluh ini mampu menyediakan dan memfasilitasi masyarakatnya dengan fasilitas internet yang mampu membuka mata masyarakat menjadi individu yang lebih berwawasan.

MASUKNYA BERBAGAI PERUSAHAAN

Dalam umur yang tergolong muda Kabupaten Barito Timur memiliki berbagai sumber daya alam yang melimpah. Keadaan yang seperti inilah yang membuat banyak perusahaan melirik Kabupaten muda ini. Berbagai perusahaan mulai masuk dan berinvestasi, mulai dari perusahaan batubara sampai pada perusahaan sawit.

akt tambangsalah satu aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh perusahaan

PENINGKATA BERBAGAI FASILITAS PENDIDIKAN

Dalam masa pembangunan Bartim, sudah banyak perkembangan fasilitas pendidikan yang menunjang proses pendidikan menuju kearah yang lebih baik. Pengadaan berbagai fasilitas yang sangat bagus ini diharapkan dapat menunjang berbagai prestasi siswa.

Dari beberapa kemajuan yang telah dicapai Kabupaten Bartim yang telah dijabarkan tersebut tentunya masih banyak pencapaian-pencapaian lainnya yang telah diraih. Sebagai generasi penerus tentunya kita selalu berharap berharap dan berusaha agar Bartim terus membangun dan menunjukan kebolehannya dikancah nasional maupun internasional, sehingga bartim dapat menjadi kabupaten yang berpotensi baik dalam segi ekonomi, sosial, politik dan budaya.

Impian yang tinggi memerlukan kerja keras yang luar biasa pula, oleh sebab itu dimasa selanjutnya dengan  berbagai kebijakan-kebijakan pemerintah untuk pembangunan daerah dan inovasi-inovasi kaum muda yang baru dapat membawa bartim menuju daerah yang makmur dan sejahtera.

Dibalik berbagai pembangunan yang terjadi di daerah ini. Masih begitu banyak hal yang belum bisa terselesaikan dengan rampung, namun kita juga harus mampu mengapresiasikan keberhasilan pemerintah.  Terus maju Kabupaten Barito Timur menuju JARI JANANG KALALAWAH ( Jadi Jaya Selamanya).

 

*foto dari berbagai sumber

10 thoughts on “Perjalanan Panjang Pembangunan Barito Timur

  1. Ping-balik: perjalanan panjng pembangunan barito timur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s